Diberdayakan oleh Blogger.

Tentang

Total Kunjungan

Selasa, 16 Oktober 2012

7 Sinetron Indonesia Paling Fenomenal Dari Jaman Dulu

Siti Nurbaya = Dua puluh tahun lalu, TVRI memproduksi sinetron yang diangkat dari novel karya Marah Rusli ini. Di tangan Dedi Setiadi, Siti Nurbaya jadi salah satu sinetron yang sangat istimewa. Penampilan Novia Kolopaking sebagai gadis yang teraniaya sangat memikat. Pun begitu dengan Gusti Randa dan HIM Damsyik. Siti Nurbaya sudah menjalin cinta dengan Samsul Bahri (Gusti Randa). Hal itu juga diketahui orangtua Siti. Petaka datang ketika Datuk Maringgih (HIM Damsyik), orang kaya raya, melamar Siti untuk dijadikan sebagai istri ke-7. Orangtua Siti tak berdaya lantaran punya hutang yang tak bisa dilunasi. Betapa hancur hati Siti, tapi dia tak bisa melawan. Samsul Bahri yang berusaha membela, malah berakhir di penjara. Kisah cinta ini sebagaimana novelnya juga berlatar belakang adat Minangkabau.



Si Doel Anak Sekolahan = Si Doel Anak Sekolahan adalah mimpi Rano Karno yang menjadi kenyataan. Si Doel memang identik dengan Rano Karno. Dialah yang memerankan tokoh Si Doel dalam film Si Doel Anak Betawi yang disutradarai almarhum Syumandjaya. "Si Doel adalah obsesi saya. Selain mengangkat kehidupan masyarakat Betawi dengan segala pernik yang menjurus ke arah kurang baik, seperti pemalas, bodoh, tokoh Si Doel ingin mengubah mitos itu. Jujur saja, tokoh Si Doel panutan saya," ujar Rano Karno dalam wawancara dengan Bintang pada Januari 1994.

,Si Doel Anak Sekolahan berkisah tentang perjuangan pemuda Betawi bernama Doel (Rano Karno) dalam mengagapi cita-cita menjadi insinyur. Doel tinggal bersama Babenya (almarhum Benyamin Sueb), Nyaknya (Aminah Cendrakasih) dan Atun (adiknya). Dalam perjalanannya, Doel yang di kala senggang menarik oplet ini terlibat cinta segitiga dengan dua gadis berbeda latar belakang, Sarah (Cornelia Agatha) dan Zaenab (Maudy Koesenaedi). Semula, Si Doel hanya diproduksi sebagai mini seri sebanyak 6 episode. Tapi sambutan yang luar biasa membuat Rano Karno memperpanjang, bahkan pernah diproduksi sampai Si Doel 5. Si Doel 1, 2 dan 3, ratingnya masih sangat bergigi. Sayang, begitu memasuki Si Doel 4, mulai kehilangan kendali. Tak apa, hal itu tak mengurangi signifikansi sinetron ini di ranah budaya pop kita. Selain itu, Si Doel melahirkan beberapa sosok yang kemudian jadi selebriti, seperti Maudy Koesnaedi dan Mandra. Tak ketinggalan Basuki dan Pak Tile. Si Doel Anak Sekolahan adalah Masterpiece-nya Rano Karno yang rasa-rasanya sulit terulang lagi





 Jin dan Jun = Lewat sinetron yang disutradarai Arizal inilah, nama Sahrul Gunawan melambung di dunia hiburan tanah air. Alul, begitu panggilan akrabnya, yang mengawali karier sebagai penyanyi kemudian - karena sinetron ini-justru dikenal sebagai pemain sinetron. Jin dan Jun mengisahkan petualangan Junaidi (Sahrul Gunawan) bersama jin dan ditemukannya di Laut Kidul. Suatu hari, Junaidi menemukan sebuah botol di sela-sela batu karang. Karena penasaran, Junaidi lantas membuka botol itu. Tak dinyana dari dalam botol itu keluar asap biru. Tiba-tiba sosok Jin berdiri di depan Junaidi. Usia Jin ini sekitar 300 tahun. Merasa telah dibebaskan oleh Junaidi, sejak saat itu Om Jin, panggilan akrabnya, mengabdi pada Junaidi. Dimulailah petulangan seru Junaidi dan Om Jin. Kesuksesan sinetron ini lantas melahirkan banyak sinetron sejenis. Ada Jinny Oh Jinny, Tuyul dan Mbak Yul, dll. Mira Asmara, Misye Arsita dan Fuad Baradja ikut mendukung sinetron yang ditayangkan perdana pada 14 Mei 1996 di RCTI ini.



 Si Manis Jembatan Ancol = Tahun 1996, layar televisi dikejutkan munculnya 2 sinetron horor komedi berjudul serupa, Kembalinya Si Manis Jembatan Ancol (KSMJA, RCTI) dan Mariam, Si Manis Jembatan Ancol (MSJA,Indosiar). KSJA dibintangi Diah Permatasari, sementara MSJA dibintangi Kiki Fatmala. Lucunya, di kedua sinetron itu muncul Ozzy Syahpura yang sama sama bereran sebagai setan banci gundul. KSMJA diproduseri Herry Topan dengan sutradara Tommy Burnama, sedang MSJA disutradarai Atok Suharto. Perlu diketahui bahwa Atok adalah mantan duet Herry Topan dalam melahirkan Si Manis Jembatan Ancol versi pertama yang ditayangkan RCTI. Kedua sinetron ini sebenarnya remake dari film layar lebar berjudul Si Manis (PT Sarinande Films) tahun 1975. Ceritanya tentang kemalangan Mariah (Lenny Marlena). Sebelum menikah dengan seorang tukang sado bernama Husin (Farouk Afero), Mariah sudah pacaran dengan John (Kris Biantoro). John lantas meneror Husin. Mariah yang merasa bersalah melarikan diri. Di tengah jalan, dia perkosa dan lalu dibunuh para penjahat. Mayatnya ditemukan di kali Ancol. Mariah biasanya muncul saat bulan purnama. Sementara sinetron KSJA maupun MSJA sama sama berbalut komedi. Sejak kemuculan kedua sinetron ini muncul beberapa sinetron horor berbalut komedi.




 Wah Cantiknya = Di sinetron inilah Anjasmara menunjukkan diri sebagai pemain sinetron dengan akting jempolan. Bukan hanya itu, berkat dia pula tokoh Cecep yang diperankannya jadi sangat terkenal. Ya, lewat sinetron Wah Cantiknya!!! garapan Ahmad Yusuf, Anjasmara menjelma menjadi salah satu bintang sinetron papan atas. Saking suksesnya, Wah Cantiknya!!! dibuat 3 sekuelnya. Kehadiran Tamara Bleszynski sebagai Kartika jadi hiburan tersendiri. Wah Cantiknya!!! mengisahkan pemuda bernama Cecep yang memiliki keterbelakangan mental, tapi berhati mulia. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari sekaligus membantuk Emak (Nani Wijaya), Cecep bekerja sebagai kuli angkut. Suatu hari, Cecep bertemu Kartika yang tengah bingung mencari calon suami. Oleh surat wasiat ayahnya, Pak Wiryo, Kartika mesti menikah setelah 6 bulan kematiannya. Begitu melihat Cecep, Kartika dan tantenya sepakat menjadikan Cecep sebagai suami dengan harapan gampang dikibuli. Setelah Wah Cantiknya!!! banyak bermunculan sinetron sejenis. Salah satu yang sukses, Si Yoyo


 Rahasia Ilahi = Sinetron ini berkisah tentang siksaan menghadapi sakaratul maut karena perbuatan dosa semasa hidup. Kisah-kisah sinetron ini diambil dari majalah Hidayah yang banyak memuat cerita tentang siksa menjelang ajal. Tak seperti sinetron relegius yang sudah ada, sinetron ini ditutup oleh seorang ustad untuk mengambil hikmah dari tayangan tersebut. Didi Ardiansyah, Produser pelaksana dari Kep Media, pembuat sinetron inilah yang berjasa mewujudkan tayangan yang kemudian sangat digemari sekaligus meransang para PH lain membuat tayangan serupa. Maka bermunculanlah sinetron sejenis, seperti Takdir Ilahi, Hidayah, Astagfirullah, dan lain-lain. Berkat sinetron ini pula, TPI berjaya sebagai televisi nomor satu.


 Bajaj Bajuri = Bajaj Bajuri boleh dibilang telat terkenal. Semula, banyak yang memandang sebelah mata atau menonton sekenanya. Tapi lama kelamaan kualitas Bajaj Bajuri pula yang menyadarkan pemirsa, betapa sinetron komedi ini luar biasa. Bajaj Bajuri berkisah tentang Bajuri (Mat Solar) yang hidup pas-pasan sebagai penarik bajaj. Tinggal dengan istrinya, Oneng (Rieke Diah Pitaloka) dan mertuanya yang jahil, Mak (Nani Wijaya). Konflik di tayangan ini bukan pada harta warisan, cinta maupun perselingkuhan, tapi pada karakter dan cara pandang terhadap sesuatu dalam menyelesaikan masalah. Ceritanya dari kehidupan sehari-hari dengan bumbu humor yang segar. Kasting para pemain yang cocok menambah daya tarik sinetron yang dikreatori Aris Nugraha ini.

3 komentar

apri

wow,, film si manis jembatan ancol itu film jaman bahula yah.. film hantu yg unik n keren abizzzz... inget msa2 SD dulu nonton si manis jembatan ancol.. sereeemmm

Unknown 25 Mei 2016 pukul 05.30


nonton online streaming terlaris
nonton online film indo barat
nonton online terbaru indo
nonton online horror comedy

Santi 27 Maret 2017 pukul 06.54

Kalau sinetron horror yg ada pemeran hantu yg tangannya gegantung menyiku itu sinetron apa yaa? Lupaaa

Posting Komentar